Jumat, 24 Mei 2013

Pelarut CLORID PCB Pengganti FeCl3 (NJEGLEK FM) (RENGGA MAMPO)


Pelarut PCB Pengganti FeCl3

Untuk melarutkan PCB, umumnya kita menggunakan bubuk FeCl3 atau biasa di sebut Ferric Chloride yang mudah ditemukan di toko - toko elektronika dengan harga yang tidak mahal, sekitar 3000 per ons nya. Tetapi kalo tumpah di lantai dan di baju kemudian mengering, nyaris tidak bisa di hilangkan, selain itu proses etching nya juga terhitung lama. FeCL3 juga sangat berbahaya untuk lingkungan apalagi bila di minum, di jamin mabookk....gila juga nih yang mau minum...

Setelah konsultasi sana - sini, akhirnya berniat juga untuk mencoba Hydrochloride Acid (HCL) dan Hydrogen Peroxide (H202), sehingga campurannya menjadi....... Berikut langkah - langkah nya....

1. Siapkan bahan - bahan nya, yaitu HCL, H202, H20 (Air), dan tempat plastik. Sekalian Vape, buat bunuh tomcat (di kos banyak tomcat)..

Untuk perbandingannya, HCL:H202:Air = 1:2:4 atau bisa eksperimen sendiri sesuai kebutuhan.

Bahan - bahan yang dibutuhkan

2. Berikutnya, tuangkan air ke dalam tempat plastik. Untuk takarannya saya menggunakan tutup botol pylox sebanyak 4 tutup sesuai perbandingan. Kemudian baru tuangkan H202 sebanyak 2 tutup. kemudian baru HCL sebanyak 1 tutup. Untuk safety nya memang dianjurkan mencampurkan sesuai urutan di atas (Pelajaran Kima SMA). Dari air hingga kelarutan yang paling pekat.


H202
HCL

Penambahan H202
Proses Etching

3. Sebaiknya menggunakan sarung tangan karet, beli saja di toko bangunan seharga 7rb, hati - hati juga dengan gas yang dihasilkan dari proses etching. Bila larutan sudah ready, tinggal celupkan PCB ke dalam wadah plastik, pastikan semua PCB terendam, jangan seperti gambar diatas, wadahnya gak cukup.

Hasil Etching
 4. Bila sudah larut semua, bilas pcb dengan air bersih. PCB sudah siap untuk proses selanjutnya, menghapus toner bisa dengan Aceton (pembersih kuku) atau dengan amplas ukuran 1000 (paling halus).


5. Larutan etching bisa digunakan lagi, jadi jangan di buang. Untuk penyimpanan larutan simpan di botol plastik atau kaca dan JANGAN DITUTUP rapat. Tetap beri lubang untuk bernafas.. hehehe.. serius, kalo meledak bukan salah saya.. Supaya larutan bisa digunakan beberapa kali


Kesimpulannya menggunakan HCL+ H202 adalah faster, cleaner, cheaper and less harmful to the environment. Silahkan dibuktikan sendiri.
Untuk menggunakan campuran ini berkali - kali ( biar ngirit ), ada trik nya. Tunggu di posting berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar